Oleh: Yulianus U. Nawipa

Perjuangan demi Rakyat Papua untuk memperjuangkan harapan demi rakyat Papua sangat mudah penyebutan tetapi sangat sulit untuk menggolkan harapan demi rakyat Papua.

Sesungguhnya,kondisi Kehidupan rakyat Papua hari ini tentu dua kepentingan yang termakan kehidupan baik kepentingan umum dan kepentingan pribadi diantaranya.

1.Kepentingan umum
Proses kepentingan umum sangat panjang untuk menjelaskan apa kepentingan umum, bagiman kepentingan umum, dimana kepentingan umum dan lain sebagainya.

Penulis berkata bahwa Kepentingan umum dampaknya sangat positif dalam kehidupan selanjutnya bila benar-benar bekarja jujur,adil tentu mewujudkan kepentingan umum.

Orang papua yang bekerja Kepentingan umum tentu kehidupan tantangan baik kehidupan pribadi, keluarga dan kehidupan universal tetapi Namanya tercacat buku agenda di surga dan buku agenda di bumi dalam sepanjang massa di tanah papua.

Penulis berkata pandangan umum bahwa orang Papua memiliki dua type yang sedang memiliki diantaranya.
Type pertama adalah orang Papua berbicara kepentingan umum tetapi tindakannya untuk menggolkan kepentingan pribadi.seperti berkerja demi rakyat Papua saat berbicara Mimbar politik baik tingkat organisasi,gereja dan pemerintah dan lain sebagainya.

Type kedua adalah orang Papua yang memiliki kepentingan umum adalah orang Papua yang bekerja kepentingan umum tentu tindakannya juga bekerja kepentingan umum itulah disebut orang Papua yang bekerja demi rakyat Papua karena dampaknya positif kehidupan selanjutnya.

Perjuangan apa saja sering mengatakan hanya demi rakyat Papua tetapi demi rakyat papua adalah suatu panggilan ibu Pertiwi Papua.

Dengan metode apa, dan tindakan apa untuk memperjuangkan Demi rakyat Papua ? Itu menjadi pertanyaan bagi rakyat Papua.

Berkerja demi rakyat Papua Papua

Perbandingan kehidupan rakyat Papua sebelum otonomi khusus bagi Tanah Papua dan kehidupan rakyat Papua sedang era Otonomi khusus bagi tanah Papua tentu kondisi rakyat Papua dan kehidupan rakyat sangat berbeda.

A. Hidup rakyat Papua sebelum era otonomi khusus bagi Tanah Papua.

Pada tahun 2000 kebawah,kehidupan Rakya papua sangat aman mulai dari rakyat Papua Sorong hingga rakyat Papua samaray merauke. Kehidupan rakyat Papua aman karena kekayaan Alam melimpah dimana mana tempat di Tanah Papua atau tinggal petik saja sehingga rakyat Papua hidup dari Kekayaan Alam Papua.

Kehidupan rakyat Papua kondisi aman dan cara berpikir aman, cara bergaul aman , berteman aman di seluruh di Tanah Papua.

B. Kehidupan rakyat Papua era otonomi khusus bagi Tanah Papua

Penulis berkata Pandangan umum Orang Papua bahwa orang papua yang bekerja untuk siapa dan orang Papua yang berjuang Otsus Jilid II untuk siapa?

Orang Papua yang bekerja untuk siapa tentu penjelasan sangat panjang tentang demi rakyat Papua atau demi rakyat Indonesia sehingga rakyat Papua ketahui bahwa ada dua kelompok yakni pertama kelompok merakyat orang Papua di tanah papua dan kelompok merusak rakyat orang Papua di tanah Papua.

Pengkuan penulis bahwa Kelompok merakyat adalah orang Papua yang menolak otonomi khusus Jilid II adalah orang memiliki sikap jelas bahwa orang Papua yang sikapnya merakyat untuk mewujudkan demi rakyat Papua seperti kemarin Mahasiswa Uncen menolak Otonomi khusus Jilid II di tanah Papua.

Karena selama 20 Tahun Otsus berjalan ini,kami merasakan dukacita hari hari di tanah Papua bukan sukacita seperti pembunuhan tersistem,kelihatan maupun tidak kelihatan mulai dari Theys hiyo eluwai hingga saat ini tentu rakyat Papua tidak berdosa korban era otonomi khusus Papua sehingga rakyat Papua menolak Otonomi khusus Jilid II.

Pengkuan penulis bahwa Kelompok merusak rakyat Papua adalah orang Papua yang berjuang Otsus Jilid II untuk menghabiskan nyawa manusia secara perlahan lahan agar orang Papua bekarja untuk menggolkan kepentingan negara Indonesia.

Orang Papua berjuang demi rakyat Papua ada dua kelompok yakni berjuang demi rakyat Papua dan berjuang demi negara Indonesia diantaranya:

  1. Berjuang demi rakyat Papua.

Orang Papua yang berjuang Ideologi west Papua adalah orang Papua yang memiliki sikapnya jelas karena mulai berjuang. Ideologi west Papua untuk demi rakyat Papua bukan demi Negara Indonesia.

Pandangan agama bahwa Yesus datang dunia untuk menyelamatkan umatnya sehingga orang Papua berjuang demi Ideologi rakyat Papua menuju menentukan Nasib sendiri yakni orang Papua keluar dari Bingkai NKRI

  1. Berjuang demi Negara Indonesia.

Orang Papua yang berjuang Ideologi negara Indonesia adalah orang Papua yang sikapnya benalu atau sikap tidak jelas kata lain menjual orang Papua.
Pandangan agama perlu ketahui bahwa Yesus datang dunia untuk menyelamatkan umatnya bukan Yesus datang dunia untuk menindas umatnya seperti Tentara negara Indonesia ditindas,bunuh secara brutal,perkosaan untuk menggolkan kepentingan negara.

Penulis: Adalah Aktivis west Papua

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *