Oleh: Bendi Pigai

Menulis adalah kegiatan menuangkan ide atau gagasan setiap orang dari bahasa lisan ke dalam bentuk bahasa tulisan. Menulis bisa bersumber dari sesuatu yang kita lihat, dirasa, ataupun dari hasil observasi atau pengamatan di lingkungan kita berada. Selain itu, objek tulisannya bisa bersumber dari emosional, pengalaman dan kehidupan sosial kita berada.

Kita dapat mengetahui bahwa menulis adalah aktivitas gratis tak pernah dipungut biaya atau ada hal hal yang mensyaratkan dalam proses terjun di dunia menulis. Karena menulis itu bakat pilihan setiap orang.

Dalam hal ini perlu ada jiwa menulis dan dalam itu sangat perlu juga budayakan menulis mulai beraksi dari hal hal yang kecil dan simple.
Kita harus ketahui bahwa budayakan menulis adalah sepatah kata yang dapat memberi kita banyak motivasi dengan segala arah dan tujuan demi menyempurnakan kita. Supaya kelak bisa bersain dengan penulis kelas dunia atau level high writer. Maka budayakan menulis dalam diri kita itu sangat perlu dari hari ini.

Dari mana kita memulai menulis?

Dalam dunia menulis ada beberapa penulis berkata bahwa, semua orang ingin jadi penulis, tapi bagaimana memulainya? ada juga katakan menulis itu bisa dapat menembus ruang dan waktu, artinya hari ini kita menulis tulisan kita akan berlaku sepanjang masa. Yaitu bisa dibaca oleh siapa saja, Kapan saja, dan di mana saja, tapi bagaimana kita lahirkan sebuah tulisan yang kreatif inovatif agar pembaca dapat resapi maksud tulisan dengan baik?

beberapa hal di atas ini kembali pada diri kita, apakah kita mau mencoba atau tidak. oleh karena itu di bawah ini penulis memberikan beberapa tips untuk kalian yang suka membaca dan menulis seputar dunia literasi, sebagai bahan referensi untuk mencoba menjawab kedua pertanyaan di atas.

Mari simak………!!!

  1. Budayakan Membaca

Sebelum budayakan menulis perlu budayakan membaca apa saja yang ada di depan kita dalam setiap aktivitas kita setiap hari di mana saja kita berada. Karena lewat membaca kita bisa mendapatkan bahan_bahan pembelajaran dan pengembangan diri yang jauh lebih maju, dan dari situ modal pemula untuk terjun menulis akan muncul karena orang bijak pernah berkata bahwa ada aksi maka akan ada reaksi.

  1. Memulai Menulis dari Kisah pribadi (Autobiografi)

Memulailah menulis dengan menuliskan setiap kisah kisah harianmu, dan carilah di titik aktivitas mana sangat bernilai untuk menuangkan perasaanya di lembaran kertas. Selain itu temukan di mana ada momen yang paling tepat, karena di situlah banyak inspirasi dan imajinasi baru yang akan muncul sesuai objek kegiatanya.

  1. Ikuti Pelatihan Menulis Dan
    seminar soal Literasi Menulis

Momen paling berharga dalam dunia menulis adalah saat di mana peluang pelatihan menulis diadakan, luangkan waktu di kesempatan ini karena di situlah proses menulis yang benar sesuai sistematikanya akan kita peroleh. walaupun di banku study kita diajarkan soal menulis.

  1. Biasakan berdiskusi (Tukar Pikiran)

Biasakan diri berdiskusi dengan mereka yang sudah senior dalam soal tulis menulis dan jangan lupa tanya seputar literasi menulis itu sendiri, jika percakapan kalian sudah mau mulai berakhir. Dan hal ini sangat perlu juga kepada para penulis yang sudah sukses seputar menulis. sebab dengan banyak berdiskusi entah dengan siapa saja kita akan peroleh ribuan hal yang kita tidak tahu sebelumnya.

  1. Cari pemandangan serta tulis apa yang kamu bisa Lihat, dengar dan menyimak

Mengapa kita harus cari pemandangan? Karena dalam dia ada banyak inspirasi yang akan muncul dalam pikiran, dan disitu pikiran kita akan mulai refresh dan mudah untuk menuliskan hasil imajinasi kita sesuai objek yang kita nikmati disekitarnya.

  1. Biasakan diri dengan refleksi

Soal refleksi ini hampir sama di bait awal penulis tekankan bahwa, mulailah menulis dari kisah-kisah harianmu. Namun dalam hal ini refleksi lebih merujuk pada refleksi rutinitas yaitu menuliskan setiap kisah harianmu dalam buku cacatan pribadi atau buku rahasia. karena hal ini dasar dari menulis.

Jadi sebelum refleksi tenangkan pikiran, jiwa selama lima menit saat semua diam membisu tak ada nadi alam, manusia ataupun keributan. Di situlah anda mulai menuliskan apa yang menjadi pokok pikiran dan jadikan sebuah nilai yang unik bagimu di masa tua. Dan soal refleksi ini tak ada yang tahu selain dirimu. Oleh karena itu, semakin anda sering lakukan hal hal tersebut setiap hari dan jalani kelima stips di atas ini. Yakin engkau akan mahir dalam dunia literasi tulis menulis.

Semoga tulisan singkat dan simple di atas ini dapat bermanfaat bagi para khalayak dan pada umumnya mereka yang ingin terjun di dunia menulis.

Salam literasi Membaca dan Menulis!!

Penulis: Adalah Mahasiswa Uncen kuliah di Fkip Prodi pendidikan dan Sastra Inggris

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *