Jayapura, Suara Mee – Victor Yeimo adalah sosok pejuang yang sedang memperjuangkan hak hidup orang Papua, dari penindasan, intimidasi dan pembunuhan ditanah Papua.

Hal ini dikatakan Gerson Pigai kepada Suara Mee dalam jumpa pers yang digelar solidaritas mahasiswa dan rakyat Meepago menyikapi ujaran kutukan dari para kepala suku di Papua, berlangsung dilapangan Zakeus Padang bulan Kamis (3/11/2020)

“Kutukan yang menimpa Victor Yeimo dari berbagai kepala suku ditanah Papua yang mengatakan “Victor Yeimo sebagai provokator, hal ini tidak benar, karena Victor adalah salah satu pejuang Papua yang selalu menyuarakan suara kaum tertindas diatas Tanah Papua.

Kata Pigai, kutukan itu datang dari kepala suku dan ondoafi yang mengatasnamakan saja dengan melibatkan rakyat Papua, mereka juga bukan kepala suku resmi pilihan dari rakyat Papua,” katanya.

Maka, rakyat papua jangan percaya ujaran kutukan itu, sebab itu tidak sesuai dengan fakta,” katanya.

Sementara itu mewakili kepala Suku besar Meepago di Mamta Martinus Nakapa mengatakan, sebagai kepala suku kami tidak terima ujaran kutukan yang menimpa orang yang tidak bersalah itu,” katanya.

“Sebab, Victor Yeimo adalah sosok pejuang yang selalu berjuang menyuarakan kebenaran untuk menciptakan keadilan di tanah Papua, agar orang Papua bisa merasakan kenyamanan dalam hidup,” katanya.

Menurutnya, kutukan itu tidak pantas menimpa Viktor Yeimo, lagi pula ujaran itu datang dari kepala suku dan ondoafi yang notabenenya bukan pilihan dari rakyat Papua, tetapi mereka itu titipan yang mengatasnamakan kepala suku saja,” ujarnya.

Maka, sebagai kepala suku menolak kutukan yang mengatasnamakan kepala suku ini, hal ini perlu diklarifikasi agar tidak menghadirkan konflik horizontal diantara rakyat Papua itu sendiri,” katanya.

Lanjut Martinus, demi menciptakan hidup yang aman dan damai diharapkan kepada masyarakat papua, jangan mudah terhasut dengan ujaran kutukan yang dibangun hanya segelintir orang, dan tidak memberikan dampak positif sedikit pun,” katanya.

“Sebagai bagian dari orang yang merasa ditindas, intimidasi dan dibunuh, maka perjuangan yang sedang di tempuh Victor Yeimo kami siap dukung dan mendoakan agar harapan besar orang Papua itu bisa terwujud,” pungkasnya.

Reporter : Bendy Agapa

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *