Karubaga, Suara Mee – 3 Jembatan diantaranya Kali Kage dan 2 Jembatan Kali Toli di Muara dan kepala air kali Toli menjadi perhatian serius dan prioritas oleh Pemerintah kabupaten (Pemkab) Tolikara dan dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Tolikara dalam pembahasan APBD induk tahun 2021.

Kenapa pembangunan ketiga jembatan itu sangat penting? Karena ketiga jembatan itu merupakan jembatan utama menghubungkan 11 distrik di daerah pembangunan 2 atau dapil 2. Kesebelas distrik tersebut diantaranya distrik Kembu, 0Gundagi, umagi, Wina, Dundu, Douw, Wari, Egiam, Panaga, Timor dan Telenggeme.

Wakil Bupati Tolikara, Dinus Wanimbo mengatakan, Sementara dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2021, titik fokus pada kota.
“Pembentukan wajah kota ini. Selain itu pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana yang kita dorong, yaitu jalan, jembatan di beberapa Dapil daerah pembangunan,” kata Wakil Bupati, Dinus Wanimbo kepada Wartawan, di Ruang Tunggu Bandara Karubaga, Rabu (30/12/2020) di Karubaga, Tolikara.

Wakil Bupati menjelaskan, kabupaten Tolikara memiliki wilayah yang sangat luas dan untuk pembangunan wilayah yaitu membawahi pembangunan di 4 kawasan tumbuh pembangunan yaitu daerah pembangunan 1 membawahi Karubaga dan sekitarnya, Daerah pembangunan 2 Kanggime dan sekitarnya, daerah pembangunan 3 meliputi kembuh dan sekitarnya, daerah pembangunan 4 Bogondini dan sekitarnya.

“Jadi arah dan kebijakan pembangunan tahun 2021 nanti kita akan lihat dari 4 kawasan tumbuh pembangunan ini mana-mana yang dianggap penting untuk kita membangun sesuai dengan kebutuhan dasar masyarakat itu yang kita mendorong di kebijakan APBD 2021,” terang Wakil.

Wakil Bupati menambahkan, terkait dengan jalan dari Karubaga menuju ke Kembu  di tiga jembatan itu besok lusa akan ada kunjungan secara langsung oleh Pemerintah Kabupaten Tolikara dan Pimpinan DPRD Tolikara.

“Setelah kunjungan nanti, pada APBD 2021 kita nanti akan menjadi perhatian untuk membangun, karena itu (3 jembatan itu) dilewati oleh (Masyarakat) beberapa distrik dibawa Wilayah Besar,” kata Wakil menambahkan.

Sementara itu, Ketua DPRD Sonny Wanimbo mengatakan Lembanga Dewan perwakilan rakyat Tolikara sangat mendukung kebijakan pemerintah dalam rencana pembangunan yang terbagi dalam 4 wilayah pembangunan itu. Salah satunya mendorong dan mendukung pembangunan jembatan kali Toli dan Kage yang mana sudah dilihat langsung kondisi pembangunan jembatan dan kondisi kali. Karena pada tanggal 29 Desember Kondisi kali Kage jembatan sudah rusak dan tidak bisa dilalui kendaraan roda empat serta harus menyeberang dengan bantuan alat berat serta ada kayu-kayu yang sudah lapuk di jembatan kali Toli.

“Seperti tadi wakil Bupati sampaikan bahwa Tolikara ini, ada 4 wilayah pembangunan. sebab itu, 3 Jembatan itu membawahi 11 distrik oleh sebab itu (Jembatan Kali Kage, Jembatan Kali Toli Muara dan kepala Air Toli harus diprioritaskan. Seperti di Bogondini, Kanggime, Kembu,” kata Sonny Wanimbo Ketua PRD Tolikara.(*)

Reporter : Admin

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *