Oleh: arianto kadir

Menurut presiden Jokowi ketika mengunjungi Pulau Lembeh, bahwa “Sulawesi Utara tidak hanya punya Taman Nasional Bunaken di Teluk Manado, tapi juga Pulau Lembeh di teluk Bitung. Pulau ini punya pesona keindahan pantai, resor, juga lokasi penyelaman di lautnya.

Artinya bahwa, Pulau Lembeh memiliki potensi laut yang besar dan belum termanfaatkan dengan baik. atau mungkin belum dilakukan studi kelayakannya, atau mungkin dan mungkin dan mungkin lagi… akhirnya Bitung semakin tertinggal dan berdampak bagi peningkatan kasus kekerasan di masyarakat, karena sudah susah cari kerja kata sebagian masyarakat.

Padahal setiap liburan berbondong-bondong warga Kota Bitung mengunjungi destinasi wisata, terutama yang ada di Minahasa. Sebenarnya kita di Bitung memiliki kekayaan panorama wisata yang lebih indah dari tempat-tempat lain di SULUT, namun selama ini hanya dibiarkan menganggur tanpa ada kepedulian dan kemampuan akademik untuk melihatnya sebagai sumber investasi yang besar yang dapat meningkatkan PAD dan kesejahteraan masyarakat pemilik ulayat.

Letak geografisnya P. Lembeh yang berhadapan langsung dengan Laut Maluku membuat Pulau Lembeh memiliki kekayaan laut yang banyak dan beragam dengan Taman Laut Bunaken, sehingga menjadi potensi ekowisata yang potensial dan sangat menjanjikan dari aspek ekonomis.

Apalagi dalam Dalam Perda Kota Bitung No. 11 Tahun 2013 tentang RTRW Kota Bitung tahun 2013-2033 dalam salahsatu pasal dinyatakan bahwa bahwa Kawasan suaka alam dan cagar budaya Kota Bitung meliputi kawasan Suaka Alam Laut Selat Lembeh dan kawasan pantai berhutan bakau di Kelurahan Lirang, Kelurahan Pintukota, Kelurahan Paudean, Kelurahan Dorbolaang, dan Kelurahan Pasir Panjang di Pulau Lembeh.

Artinya bahwa begitu banyak potensi investasi yang belum terkelola baik dipersada alam Kota Bitung, sehingga solusinya kita butuh pemimpin Kota Bitung nanti adalah sosok yang memiliki kepedulian untuk mengembangkan potensi kawasan yang tersedia, mengawal pertumbuhan ekonomi masyarakat melalui program ekowisata dan wisata kuliner, pemimpin yang lahir dari rakyat dan sangat merakyat, pemimpin yang mampu menjawab tantang pak Presiden Jokowi dan sangat dikenal Presiden Jokowi, karena pujian pak Presiden adalah isyarat yang harus cepat ditindanlanjuti pemerintah daerah.

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *