KNPB tegaskan TPN-PB adalah satu-satunya militer West Papua

Suara, Mee. com – Komite Nasional Papua Barat (KNPB) menegaskan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) adalah satu-satunya tentara di Papua yang masih eksis memperjuangkan eksistensi perjuangan politik dan melindungi rakyat Papua dari ancaman kapitalisme, kolonialisme, dan imperialisme global di negeri West Papua.

Hal itu dikatakan Ketua Umum KNPB Pusat, Agus Kosay, menanggapi pelabelan TPN-PB sebagai teroris di tanah Papua oleh Negara Republik Indonesia melalui Menko Polhukam, Mahfud MD.

“Kami tegaskan TPN-PB adalah satu-satunya militer West Papua yang masih eksis melawan penjajahan NKRI di Tanah Papua,” kata Agus Kosay kepada Jubi melalui keterangan tertulis, Sabtu (1/5/2021).

Ia menegaskan, Indonesia setop melabeli atau mengkriminalisasi TPN-PB dengan sebutan teroris. “Di Papua hanya ada dua militer yaitu militer Papua Barat Komando Nasional TPN-PB di bawah Gen. Goliath Tabuni dan militer Indonesia yakni TNI dan Polri,” ungkapnya.

Sekretaris umum KNPB Pusat, Mecky Yeimo mengatakan, sejarah panjang ini, telah memberikan gambaran kepada bangsa Papua untuk menentukan nasib bangsa Papua ke depan.

“Oleh karena itu, kami dari Komite Nasional Papua Barat menyampaikan suara rakyat dan bangsa Papua kepada seluruh bangsa di dunia, bahwa PEPERA 1969 tidak demokratis dan cacat hukum internasional, maka referendum bagi rakyat pribumi Papua adalah satu-satunya solusi terbaik untuk menentukan nasib bangsa Papua, sebagaimana diatur dalam Kovenan Internasional tentang hak sipil dan politik,” kata Yeimo.

Reporte by: KNPB
Sumber:Jubi

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *