Mahasiswa Gorontalo Usai Melakukan Jumpa Pers, Berikut 5 Pernyataan Sikap

Jayapura Suara, Mee – puluhan mahasiswa mahasiswi Puncak Papua di Gorontalo, kembali melakukan jumpa pers yang berlangsung di asrama mahasiswa puncak Papua di Gorontalo. pada tanggal 07 Mei 2021.

Hal itu dilakukan puluhan mahasiswa asal puncak setelah masyarakat sipil mengungsi kemana mana akibat operasi militer sedang berlangsung di puncak Papua.

Sibilok Tabuni selaku ketua perkumpulan masiswa Puncak Papua, saat di wawancarai awak media suaramee,menyatakan pemerintah Indonesia, dan lebih khusunya pemerintah Puncak Papua harus jeli melihat apa yang rakyat hari ini rasakan.

“segera Mengamankan masyarakat sipil yang sedang mengungsi ke hutan, kemudian masyarakat pun masih belom menjalankan aktivitas mereka seperti berkebun, mencari kayu bakar dan aktivitas lainya.

Keadaan ini sangat berdampak sekali kepada kami mahasiswa, dan sampai sahat ini Kemi kehilangan kontak dengan orang tua kami di Papua, dan hal tersebut membuat Kami tidak bisa hidup di rantauan, dalam hal, kami yang hidup tergantung kepada pegasilan orang tua,” katanya lanjut Tabuni.

Sibilok, menegaskan kembali kepada seluruh lembaga yang berada di puncak Papua.
“segera mengamankan masyarakat sipil yang sedang lari ke hutan karena ulah TNI/POLRI,” tagasnya,

Lanjutnya Iya soal pelabelan teroris terhadap TPNPB, “pemerintah Indonesia harus kaji ulang kembali atau cabut kembali pelabelan teroris terhadap TPNPB. karena TPNPB adalah tentara nasional Papua barat, mereka berjuang untuk kemerdekaan papua,” Ujarnya.

Sibilok tabuni, berharap aktivitas masyarakat sipil bisa kembali seperti semula.
peryataan sikap mahasiswa/i Puncak Papua di Gorontalo sebagai berikut:

1. Hapus dan tinjau kembali pelabelan Teroris terhadap TPN-PB OPM
2. Tarik militer non organik maupun organik di Puncak Papua, Intan Jaya, Nduga dan seluruh tanah Papua
3. Hentikan operasi militer di Puncak Papua, Intan Jaya, Nduga dan seluruh tanah Papua.
4. KOMNAS HAM segera menyediliki dampak operasi militer yang pengungsian besar-besaran di Puncak Papua, Dugama dan Intan Jaya.
5. Tolak Daerah Otonomi Baru DOB, dan Otonomi Khusus.
Reporter: Hengky Boma
Editor: (JT)

situs
suarameepago

suaramee

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

'Yo Miye' (Istri-Istri) Kepala Sukudan juga ikatan-ikatan Perempuan di Kampung Yakonde yang akan Siapkan Menu Lokal untuk Peserta Sarasehan KMAN VI (Irfan/Lintas Papua)
Berita Mamta Tanah Papua

‘Yo Miye’ Kampung Yakonde Siapkan Menu Lokal untuk Peserta Sarasehan KMAN VI

SENTANI Suara Mee – Ondoafi Kampung Yakonde, Nicolas Daimoe melalui juru bicaranya, Kepala Suku Douge Imea, Donald Tungkoye, kepada Tim Media Center dan Publikasi KMAN VI menyampaikan, masyarakat di Kampung Yakonde sangat bersyukur bisa menjadi salah satu titik lokasi atau kampung yang dipilih sebagai tempat serasehan dan tempat penginapan sebagian peserta KMAN VI 2022. “Kami […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Berita Polhukam

Pemprov Papua : Penetapan Tarif Baru Angkutan Umum Memperhatikan Kemampuan Masyarakat

Jayapura Suara Mee – Pemerintah Provinsi Papua dalam waktu dekat akan mengumumkan tarif baru angkutan umum, pasca kenaikan harga BBM jenis pertalite yang diputuskan Pemerintah Pusat baru-baru ini akibat imbas kenaikan harga minyak dunia. Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Muhammad Musa’ad memastikan penyesuaian tarif baru angkutan umum akan tetap memperhatikan kemampuan masyarakat. […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Berita Polhukam

Pemprov Papua : Hati-Hati Hoax Pemecah Belah Lewat Medsos

Jayapura, Suara Mee – Pemerintah Provinsi Papua mengimbau warga di wilayahnya untuk mewaspadai hoax (berita bohong) pemecah belah kesatuan bangsa yang belakangan ini disebar lewat media sosial (medsos). Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, Jeri Agus Yudianto, di Jayapura, Selasa (20/9/2022). Jeri mengharapkan masyarakat pro aktif mengecek kebenaran dari setiap informasi […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More