Mama-mama Pasar sampaikan Pernyataan Sikap, Ini Tanggapan DPRD dan Disperindagkop Deiyai

Nabire, Suara Mee – Sebagai bentuk protes terhadap kejadian penghamburan jualan milik mama-mama asli daerah yang di lakukan oleh salah satu orang Non Pribumi sambil menodong mereka dengan pisau di Pasar Waghete, Jumat 28 Januari 2022, lalu, maka mama-mama asli Deiyai menyatakan sikap hari ini, di halaman kantor DPRD Deiyai Rabu, (2/02/2022).

Sebagai bentuk protes ketidakterimaan mama-mama asli Deiyai dengan adanya tindakan tersebut, Asosiasi Pedagang Asli Deiyai (APAD), Mama-mama pasar melakukan tindakan Protes dan mengadu ke Kantor Kantor DPRD.

Seorang mama pasar yang tak mau sebutkan namanya menjelaskan beberapa pernyataan sikap yang mereka sampaikan ke DPRD dan Disperindagkop.

Kami menyampaikan pernyataan sikap kepada DPRD dan Dinas Perindagkop Deiyai di Halaman kantor DPRD untuk selanjutnya di tindaklanjuti yaitu:
Pertama, Penjualan sayuran dan rempah-rempah oleh pendatang di hentikan.
Kedua, Sayur-sayuran dan rempah-rempah termasuk pinang di jual oleh mama-mama Deiyai sendiri.
Ketiga, Penjualan Ayam potong di kasih waktu tiga bulan terhitung mulai dari Febuari 2022, selanjutnya dijual oleh orang asli Deiyai.
Keempat, Mulai sekarang Tidak boleh bawa baik sayur dari Nabire kecuali mama-mama asli Deiyai sendiri.

Komisi A DPRD Kabupaten Deiyai Onesmus Madai mengatakan, Atas pernyataan sikap yang di sampaikan mama-mama, kami akan buat konsep bersama dinas Perindagkop dan buat surat edaran ke setiap pedagang non pribumi dan pribumi yang ada di kabupaten Deiyai. Besok juga kami akan edarkan.

“Kami akan larang pedagang dari luar daerah yang masuk ke kabupaten Deiyai untuk mendistribusikan barang dagangan pangan dari luar,” katanya.

Badokapa menambahkan, “selanjutnya kami ajukan dalam sidang kabupaten Deiyai untuk mengasahkan,” katanya.

Sementara itu senada juga disampaikan oleh Aser Pakage, S.Pdk “Kami akan buat surat edaran laku akan di sebarkan ke semua pedagang yang ada di pusat kota Deiyai,” jelasnya.

Pakage mengatakan, dalam tahun ini, kami juga akan mengupayakan pasar yang layak untuk mama-mama pasar Deiyai bisa berjualan,” pungkasnya.

Reporter: Simion Kotouki
Editor: Admin

situs
suarameepago

suaramee

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

'Yo Miye' (Istri-Istri) Kepala Sukudan juga ikatan-ikatan Perempuan di Kampung Yakonde yang akan Siapkan Menu Lokal untuk Peserta Sarasehan KMAN VI (Irfan/Lintas Papua)
Berita Mamta Tanah Papua

‘Yo Miye’ Kampung Yakonde Siapkan Menu Lokal untuk Peserta Sarasehan KMAN VI

SENTANI Suara Mee – Ondoafi Kampung Yakonde, Nicolas Daimoe melalui juru bicaranya, Kepala Suku Douge Imea, Donald Tungkoye, kepada Tim Media Center dan Publikasi KMAN VI menyampaikan, masyarakat di Kampung Yakonde sangat bersyukur bisa menjadi salah satu titik lokasi atau kampung yang dipilih sebagai tempat serasehan dan tempat penginapan sebagian peserta KMAN VI 2022. “Kami […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Berita Polhukam

Pemprov Papua : Penetapan Tarif Baru Angkutan Umum Memperhatikan Kemampuan Masyarakat

Jayapura Suara Mee – Pemerintah Provinsi Papua dalam waktu dekat akan mengumumkan tarif baru angkutan umum, pasca kenaikan harga BBM jenis pertalite yang diputuskan Pemerintah Pusat baru-baru ini akibat imbas kenaikan harga minyak dunia. Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Muhammad Musa’ad memastikan penyesuaian tarif baru angkutan umum akan tetap memperhatikan kemampuan masyarakat. […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Berita Polhukam

Pemprov Papua : Hati-Hati Hoax Pemecah Belah Lewat Medsos

Jayapura, Suara Mee – Pemerintah Provinsi Papua mengimbau warga di wilayahnya untuk mewaspadai hoax (berita bohong) pemecah belah kesatuan bangsa yang belakangan ini disebar lewat media sosial (medsos). Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, Jeri Agus Yudianto, di Jayapura, Selasa (20/9/2022). Jeri mengharapkan masyarakat pro aktif mengecek kebenaran dari setiap informasi […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More