Penulis

Oleh : Andy M Pakage)*

Mengingat sumber Daya Manusia (SDA) di Meepagoo ke-depan, kepala daerah serta instansi-instansi terkait lainnya yang ada agar dapat mempersiapkannya dengan baik dari berbagai sektor; ekonomi, pendidikan, sosial dan lain-lain.

Sampai saat ini, kemajuan SDM masih belum ada arah yang lebih baik untuk Meepago (Dogiyai, Deiyai, Paniai, Intan Jaya). Dilihat dari segi pembangunan dan pemerataan, masih saja masih belum di rasakan oleh masyarakat yang ada. Apalagi tentang pendidikan, setiap Sekolah Dasar yang dulunya terkenal namun sekarang rumput tinggi di halaman sekolah-sekolah itu membuat anak muda yang baru tumbuh terlantar.

Ironisnya, anya saja karena kurangnya tenaga pendidik serta pengajar sehingga hal itu menjadi perhatian serius dari pemerintah daerah yang ada. Buan hanya itu, pengawas pun sangat kurang peka terhadap tugas dan tanggung jawabnya.

Maksud dari tulisan ini, penulis sadar bahwa Sekolah Dasar merupakan landasan atau dasar pokok serta utama dari pengetahuan, sehingga untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang handal, terampil, kreatif dan inovatif agar Meepagoo kedepan sadar bahwa pentingnya untuk membenahi sekolah dasar yang sejak dulu yang ada namanya.

Pembentukan karakter mental serta spritualitas sesungguhnya ada di tingkat Sekolah Dasar, sehingga penting untuk memperhatikannya.

Meepagoo kedepannya akan lebih atau buruk adalah ada di tangan kita sendiri. Ketika penulis banyangkan, jika mekanisme dan kinerja Pemerintah Daerah seperti itu maka, sayang sekali nasib Meepagoo kedepan.


Dalam data yang telah simpul penulis, dokter dan pilot yang ada di Meepagoo bisa di hitung dengan jari serta jurusan-jurusan yang langkah saja seperti IT, Otomotif, arsitektur, teknik sipil dan lainnya juga sama hal dengan diatas.

Untuk masalah birokrasi pemerintahan tidak ragu sebab banyak sekali orang yang sudah paham dengan hal itu, namun yang menjadi perhatian adalah bagaimana menjadi seorang administrator yang dapat mengatur strategi serta tata kelola pemerintahan yang ada.

SDM menurun secara dratis dan signifikan, sehingga banyak sekali anak usia sekolah menjadi terlantar dengan melakukan hal yang tidak baik dan tidak berkenan untuk menguntungkan bagi diri mereka.

Banyak yang menjadi gelandangan, cium lem aibon, miras serta melakukan hal-hal negatif yang lainnya. Sayang sekali nasib Meepagoo kedepan.

Hal yang baik, fasilitasi mereka dalam bidang apa saja seperti Klub sepakbola, klub band, serta sanggar-sanggar seni budaya yang ada agar bisa mengangkat harkat dan martabat kita.

Banyak talenta yang terpendam dalam anak-anak Meepagoo sehingga yang menjadi perhatian adalah bagaimana menjadi seorang fasilitator bagi mereka untuk menuntun ke jalan yang benar.

Pentingnya SDM merupakan penentu masa depan Meepagoo untuk yang lebih baik serta menata ke arah yang lebih cerah.

Mereka adalah penentu masa depan, mereka adalah penerus yang merupakan sumber daya manusia itu sendiri untuk mengelola sumber daya alam yang ada di Meepagoo.

Untuk menjawab semua kebutuhan yang ada ini adalah bagaimana pemerintah daerah sebagai unsur yang paling penting untuk memperhatikan keluhan-keluhan serta kebutuhan yang ada di Meepagoo agar persiapkan di masa mendatang ini guna kelancaran dalam proses siklus pemerintahan maupun dalam segala bidang.

Namun, sayangnya untuk mempersiapkan hal itu sudah tidak ada waktu sehingga tenaga atau SDM yang ada ini agar dapat di pergunakan atau memakai mereka agar dikerjakan demi pembangunan Meepagoo.

Pemerintah Daerah jangan anggap remeh dengan anak-anak atau pemuda Meepagoo, mereka punya kemampuan dan keterampilan serta skill tersendiri. Pakai mereka dalam segala bidang yang mereka pelajari agar untuk memperdayakan SDM yang ada di Meepagoo itu sendiri, mereka adalah putra/i terbaik dari Meepagoo.

Pemerintah daerah jangan Pandang mata sebelah, Iyowoya selalu membodohi pemerintah daerah dengan pekerjaan yang mereka lakukan. Padahal mereka kerjakan juga hanya sebatas, tidak peduli dengan pekerjaan yang ia kerjakan. Hal-hal seperti ini perlu diperhatikan oleh pemerintah daerah dan masih banyak lagi hal yang perlu diperhatikan namun itulah kenyataannya yang harus Kita amati dan ikuti selama ini.

Oleh sebab itu, kepada pengambil kebijakan yang ada di Meepagoo untuk menyiapkan SDM guna bersaing di dunia milenium baru ini.

)*Penulis adalah mahasiswa Meepagoo kuliah di Jawa

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *