Nabire, Suara Mee – Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Herlina Murib mengatakan, penanaman niali-nilai empat pilar kebangsaa yakni pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhineka Tunggal Ika harus terus disosialisasikan agar terpatri dalam kehidupan masyarakat.

Lanjut Murib, empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara adalah kumpulan nilai-nilai luhur yang harus dipahami seluruh masyarakat Papua dan Indonesia.

“Setelah masyarakat memahami empat pilar kebangsaan. Kemudian harus dilakukan dalam bentuk aksi nyat di lapangan. Terutama dalam bidang pendidikan. Agar rasa cinta dari generasi muda terhadap bangsa dan negera itu terlestari,” katanya.

Murib mengatakan, kenapa sosialisasi empat pilar dilakukan. Karena empat pilar kebangsaan tersebut sebagai penopang agar Indonesia tetap kokoh.

“Ketika Indonesia kokoh dan kesejahterahan masyarakat terpenuhi. Dan bangsa indonesia bisa kuat dan dapat bersaing dengan negara-negara lain di dunia,” katanya optimis.

Murib mengatakan, pemahaman tentang nasioanalisme dan empat pilar itu penting bagi orang Papua karena. “Kita mahami Indonesia, untuk membangun tanah Papua, demi genrasi Papua yang mandiri,” katanya.

Murb mengatakan, indonesia tanpa Papua dan Papua tanpa indoesia itu mustahil. Sehingga harus saling menghargai, sesama manusia dan menghargai martabat manusia.

“Jangan saling membunuh antara Negara Indonesia dengan Orang Papua, karena kita sosialisasi empat pilar tetapi. Sepanjang kekerasan masih ada kita tidak bersahbat sampai kapanpun,” katanya.

Oleh sebab itu Murib mengajak kepada pemerintah Indonesia dan Orang Papua untuk tidakbermusuhan melainkan mencari solusi bersama Untuk hidup damai.

“Sebab tanpa perdamaian. Orang Papua tidak akan merasa memiliki mereka sebagai NKRI. Jika bara konflik terus menyala di tanah bertajuk surga kecil yang jatuh ke bumi,” katanya.

Sementara itu salah seorang Warga Papua Dessy Lebene mengatakan, sosialisasi tentang empat pilar kebangsaan ini sangat penting.

“Setelah mendengarkan sosialisasi saya baru memahami isi dari pada empat pilar kebangsaan. Sebagai benteng dari NKRI yang semestinya dipahami oleh semua orang Papua,” katanya.

Print Friendly, PDF & Email

By admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *