Pemprov buatkan Intruksi untuk mewajibkan “Lada” di putar di tempat tempat umum

Jayapura,Suara Mee – Sekertaris Dewan Adat Papua (DAP) John Gobay mengatakan, pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Kabupaten/Kota berkewajiban menginstruksikan pada hari tertentu (Ditentukan oleh Gubernur Papua) untuk memutar lagu lagu daerah (Lada) dari seluruh Tanah Papua.

“Kalau kami berjalan di daerah lain seperti di jogja,solo,salatiga dsb. Kami dapat mendengarkan lagu-lagu daerah. Kita tinggal di Papua tetapi sekan musiknya jarang terdengar,” kata Jhon Gobai kepada Wartawan, Rabu (26/7/2021).

Gobai mengatakan, hal ini terjadi karena karena tidak ada peraturan. Bukan karena musisi Papua kurang jumlhanya. Atau musisi Papua tidak produksi lagu-lagu.

“Di Papua ini banyak anak-anak berbakat yang masih bernyanyi tentang bahasa daerah. Hanya saja terkadang mereka tidak didukung oleh pemerintah,”katanya.

Gobay mengatakan, kaluapun mereka penyanyi papua itu bernyanyi lalu. Lagu lagunya tidak ada di pasaran karena mungkin kurang dana untuk produksi lagu.

“Disini harusnya pemerintah membantunya. Jangan tunggu pemerintah menyelenggarakan Event baru mengundang mereka. Selain senima mencipatakn momentum. Pemerintah juga buat dan mengakomodir mereka,”katanya.

“Atau memang karena alasan lain mereka tidak edarkan lagu lagunya ke pasaran, ini juga semua pemangku kepentingan harus duduk dan berbicara agar masalah bisa teratasi,”katanya.

Gobai menegaskan bahwa, selain musik juga satu hal yang harus diperhatikan adalah tarian asli papua di Kantor Kantor Pemerintah, Swasta, tempat tempat umum, Bandar Udara dan Pelabuhan Laut, pertokoan dan angkutan umum.

“Agar orang yang datang dari luar itu mereka mengerti dan mampu bebedakan lagu daerah serta tarian dari masing masing daerah di Tanah Papua,” katanya.

Salah satu Personel Konak Akuistik Andre Wambrau mengatakan, pemerintah harus melakukan kontrak sepanjang PON dengan seniman-seniman Papua untuk menghibur Perta PON yang akan menghinap di Hotel-Hotel dimana tempat penyelenggaraan PON berlangusung.

“Kami penyanyi PAPUA sudah siap untuk tampil kapan saja. Yang penting harus ada kesepakatan BP PON dan seniman akuistik untuk mengisi dan sekaligus mengatur jam tayang di hotel hotel,”katanya.

Wambrau mengatakan, Jangan sampai seniman Papua dimanfaatkan dalam Opening dan Closing ceremonial saja. Sebab dari tahun ke tahun kalau ada event demikian.

“Ini saya usulkan agar peserta PON mereka ke Papua mereka juga mendapatkan hal hal baru dari pentas seniman di hotel hotel. Sebab Jangan sampai mereka datang ke papua tetapi tidak melihat satu dari sekian unsure budaya itu sama saja kita gagal,”katanya.

situs
suarameepago

suaramee

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lapago

Berita

Launcing Album Wiwa Band Gerius Yoman Ajak Generasi Muda Kembangkan Lagu Daerah

Jayapura, SUARA MEE – Executive Produser Group musik Wita Waya (Wiwa) Band Gerius One Yoman, S.Pd,M.Si meluncurkan lagu “Bapa pembangunan Lukas Enembe” yang diciptakannya sendiri. “Yoman mengajak kepada generasi muda Papua harus kembali mengangkat lagu-lagu daerah.” Usai melauncing Album dengan 10 lagu bahasa daerah dan bahasa Indonesia, Mewakili Gubernur Papua, Kepala dinas Perkerjaan Umum dan […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Berita

Peringati HUT Ke 58 SMP dan SMA YPPGI Yahukimo Melakukan Ibadah Bersama

Jayapura, SUARA MEE – Yayasan Pendidikan dan Persekolahan Gereja-Gereja Injili (YPPGI) di tanah Papua, Keluarga Besar SMP dan SMA satu lokasi Dekai, Yahukimo merayakan HUT Ke 58 tahun dengan meriah. Senin, 20/9/2021. HUT kali ini dengan tema umum yang di berikan YPPGI pusat di tanah Papua adalah “Bangkit berubah dan Maju” dan sub tema “Dengan […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Uncategorized

Panitia HUT Asrama Kamuu yang Ke-24 Tahun Resmi Di Lantik

Jayapura,Suara Mee – Demi menyukseskan hari ulang tahun Asrama Kamuu (Askam) yang ke-24 tahun badan pengurus asrama melantik secara resmi panitia serta jajaranya. Pelantikan tersebut telah dilakukan pada sabtu,(18/09/2021) bertempat di Yameowa Asrama Serviam Kamuu,Perumnas I Waena. Roni Goo panitia HUT Askam menyampaikan,”banyak terima kasih kepada badan pengurus serta penghuni asrama yang mana telah memberikan […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More