Peduli lingkungan dan Manusia, Mahasiswa Deiyai Jayapura Angkat Sampah di Pasar Waghete

Deiyai, Suara Mee – Melihat bahayanya pembuangan sampah secara bebas, Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Deiyai (FKM-KD) Jayapura peduli alam dan manusia, melakukan pembersihan sampah di pasar Waghete.

“Kami mahasiswa Deiyai Kota Studi Jayapura turun melakukan aksi bakti sosial peduli lingkungan dan manusia. Karena kami melihat kota Waghete di kotori dengan sampah.”

Hal ini di katakan Yance Pakage Ketua FKM-KD Jayapura kepada media suaramepagoo.com di lapangan Thomas Adii Waghete Senin, (27/12/2021).

Pembuangan sampah secara bebas mempunyai dampak buruk seperti kerusakan lingkungan, berkurang ketersediaan air bersih, sungai menjadi kotor dan bau, banjir, ekosistem air danau mati, penyumbatan di kali Oneibo sebagai tempat pembuangan air danau.

“Kami menghimbau kepada pemerintah daerah dalam hal ini dinas terkait segera siapkan TPS dan TPA karena sampah membuat masyarakat tidak nyaman, tidak sehat, bahkan mengorbankan masyarakat, dan juga tanaman tidak tumbuh dengan baik,” ungkapnya.

“Kami juga pesan kepada pemerintah daerah, di setiap muara kali sekeliling danau Tigi, pasang jaring untuk penahanan sampah, agar ekosistem air tidak mati. Karena danau adalah mata pencaharian masyarakat Deiyai,” ungkapnya.

Sementara itu, seorang mama yang tidak mau di sebutkan namanya mengatakan, “Anak-anak kalian luar biasa. Ini sebuah tindakan yang menghidupkan. Kami biasa datang ke pasar Waghete dan pulang badan kami menjadi lemah, batuk, dan beringus akibat debu dan pasir di pasar,” jelasnya.

“Kami punya jualan kena debu karena ramainya masyarakat dan mengakibatkan kesehatan pengonsumsi terganggu dan itu biasa terjadi.”

Segera sampaikan ke pemerintah juga supaya mereka siapkan tempat pembuangan sampah, karena kami kadang sakit karena sampah di pasar Waghete yang di buang secara sembarangan,” pungkasnya.

Reporter: Simion Kotouki
Editor,-

situs
suarameepago

suaramee

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lapago

Rapat Terbuka IPPMMARPUT Se-INDONESIA
Berita Meepago Penkes

Alpons Yeimo ditunjuk Sebagai Ketua Panitia Musyawarah IPPMMAPUT Se-Indonesia

Paniai, Suara Mee – Berdasarkan Rapat Umum Terbuka Ikatan Pemuda pelajar Mahasiswa/I dan masyarakat Paniai Utara ( IPPMMAPUT) Se-Indonesia Alpons Yeimo didaulat sebagai Ketua Panitia penyelenggara musyawarah yang pertama ( IPPMMAPUT) Se-Indonesia. Hal itu disamapaikan Ketua Tim penggerak Menaken Gobai, usai diselenggarakan rapat umum di SMK Yamewa Enarotali Paniai, Sabtu (15/01/2021). Gobai mengatakan, rapat umum ini diselenggarakan […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
AKtivis Mahasiswa di Pontianak galang Dana Untuk Korban Bencana di Kota Jayapura Papua
Berita Lingkungan Mamta

AKtivis Mahasiswa di Pontianak galang Dana Untuk Korban Bencana di Kota Jayapura Papua

Paniai, Suara Mee – Komonitas Mahasiswa Katolik Untan dan Lelong Pontianak (KMK UNTAN), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) dan Himpunan Mahasiswa Papua di Pontianak (HIMAPA) FMN, melaksanakan aksi penggalangan dana bagi wargaa terdampak banjir di Kota Jayapura. “Penggalanagan dana dilakukan untuk korban yang terdampak bencana banjir dan tanah longsor yang menimpa warga Kota, Jayapura, […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Kepsek SD INPRES Bukapa Bagikan Ratusan Baju Batik ke Ratusan Siswa -Doc. KEPSEK
Berita Meepago Penkes

Kepsek SD INPRES Bukapa Bagikan Ratusan Baju Batik ke Ratusan Siswa

Nabire, Suara Mee – Kepala sekolah SD INPRES Bukapa, Saul Iyai membagikan baju batik sebanyak 324 buah kepada seluruh siswanya. Pembagian tersebut dilakukan bersama guru-guru pada Kamis (20/01) pagi di ruangan SD INPRES Bukapa, kaki gunung Pouya, Lembah Kamuu, Dogiyai. Saul Iyai mengatakan pembagian baju batik berwarna biru putihtersebut dengan maksud memberikan motivasi kepada seluruh […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More