Peduli lingkungan dan Manusia, Mahasiswa Deiyai Jayapura Angkat Sampah di Pasar Waghete

Deiyai, Suara Mee – Melihat bahayanya pembuangan sampah secara bebas, Forum Komunikasi Mahasiswa Kabupaten Deiyai (FKM-KD) Jayapura peduli alam dan manusia, melakukan pembersihan sampah di pasar Waghete.

“Kami mahasiswa Deiyai Kota Studi Jayapura turun melakukan aksi bakti sosial peduli lingkungan dan manusia. Karena kami melihat kota Waghete di kotori dengan sampah.”

Hal ini di katakan Yance Pakage Ketua FKM-KD Jayapura kepada media suaramepagoo.com di lapangan Thomas Adii Waghete Senin, (27/12/2021).

Pembuangan sampah secara bebas mempunyai dampak buruk seperti kerusakan lingkungan, berkurang ketersediaan air bersih, sungai menjadi kotor dan bau, banjir, ekosistem air danau mati, penyumbatan di kali Oneibo sebagai tempat pembuangan air danau.

“Kami menghimbau kepada pemerintah daerah dalam hal ini dinas terkait segera siapkan TPS dan TPA karena sampah membuat masyarakat tidak nyaman, tidak sehat, bahkan mengorbankan masyarakat, dan juga tanaman tidak tumbuh dengan baik,” ungkapnya.

“Kami juga pesan kepada pemerintah daerah, di setiap muara kali sekeliling danau Tigi, pasang jaring untuk penahanan sampah, agar ekosistem air tidak mati. Karena danau adalah mata pencaharian masyarakat Deiyai,” ungkapnya.

Sementara itu, seorang mama yang tidak mau di sebutkan namanya mengatakan, “Anak-anak kalian luar biasa. Ini sebuah tindakan yang menghidupkan. Kami biasa datang ke pasar Waghete dan pulang badan kami menjadi lemah, batuk, dan beringus akibat debu dan pasir di pasar,” jelasnya.

“Kami punya jualan kena debu karena ramainya masyarakat dan mengakibatkan kesehatan pengonsumsi terganggu dan itu biasa terjadi.”

Segera sampaikan ke pemerintah juga supaya mereka siapkan tempat pembuangan sampah, karena kami kadang sakit karena sampah di pasar Waghete yang di buang secara sembarangan,” pungkasnya.

Reporter: Simion Kotouki
Editor,-

situs
suarameepago

suaramee

Print Friendly, PDF & Email

admin

Berjuang dan berkarya untuk Tanah dan manusia Papua.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

'Yo Miye' (Istri-Istri) Kepala Sukudan juga ikatan-ikatan Perempuan di Kampung Yakonde yang akan Siapkan Menu Lokal untuk Peserta Sarasehan KMAN VI (Irfan/Lintas Papua)
Berita Mamta Tanah Papua

‘Yo Miye’ Kampung Yakonde Siapkan Menu Lokal untuk Peserta Sarasehan KMAN VI

SENTANI Suara Mee – Ondoafi Kampung Yakonde, Nicolas Daimoe melalui juru bicaranya, Kepala Suku Douge Imea, Donald Tungkoye, kepada Tim Media Center dan Publikasi KMAN VI menyampaikan, masyarakat di Kampung Yakonde sangat bersyukur bisa menjadi salah satu titik lokasi atau kampung yang dipilih sebagai tempat serasehan dan tempat penginapan sebagian peserta KMAN VI 2022. “Kami […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Berita Polhukam

Pemprov Papua : Penetapan Tarif Baru Angkutan Umum Memperhatikan Kemampuan Masyarakat

Jayapura Suara Mee – Pemerintah Provinsi Papua dalam waktu dekat akan mengumumkan tarif baru angkutan umum, pasca kenaikan harga BBM jenis pertalite yang diputuskan Pemerintah Pusat baru-baru ini akibat imbas kenaikan harga minyak dunia. Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, Muhammad Musa’ad memastikan penyesuaian tarif baru angkutan umum akan tetap memperhatikan kemampuan masyarakat. […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More
Berita Polhukam

Pemprov Papua : Hati-Hati Hoax Pemecah Belah Lewat Medsos

Jayapura, Suara Mee – Pemerintah Provinsi Papua mengimbau warga di wilayahnya untuk mewaspadai hoax (berita bohong) pemecah belah kesatuan bangsa yang belakangan ini disebar lewat media sosial (medsos). Hal ini disampaikan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua, Jeri Agus Yudianto, di Jayapura, Selasa (20/9/2022). Jeri mengharapkan masyarakat pro aktif mengecek kebenaran dari setiap informasi […]

Print Friendly, PDF & Email
Read More